Edmodo

Jejaring sosial Edmodo dapat dijadikan sebagai e-learning. Edmodo mempunyai fitur-fitur yang tidak kalah hebatnya dibanding dengan tool e-learning lain baik yang berbayar seperti BlackBoard maupun yang gratisan seperti Moodle. Fitur-fitur yang dimiliki diantaranya adalah pembuatan account yang mudah, fasiltas untuk memposting berita, tugas, quiz, dan jajak pendapat. Dalam memposting sesuatu, postingan dapat disertai dengan file maupun link. Fitur ini betul-betul memudahkan guru dalam menunjukan materi-materi yang terhubung dengan topik yang diajarkan. Begitupun juga dengan quiz, pada edmodo versi terakhir terdapat beberapa model soal pada quiz, misalnya betul salah, pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat dan mengisi bagian yang kosong. Sungguh luar biasa fitur-fitur dalam Edmodo.
Kemudahan menggunakan Edmodo sudah terasa ketika pertama kali anda mendaftar atau membuat account di Edmodo. Langkahnya sangat sederhana, begitupun thema warna Edmodo juga sama dengan Facebook, yaitu biru. Beberapa fitur pada Facebook misalnya login yang mudah, penggantian gambar profil juga muda. Setelah pengetikan www.edmodo.com pada sembarang browser, maka tampilan awal Edmodo adalah sebagai berikut:



Fitur-fitur Edmodo
A. Membuat Account Langkah pembuatan 1. Kunjungi www.edmodo.com Jika anda sebagai guru yang akan membuat kelas e-learning maka 2. Klik I am a teacher 3. Isi form teacher sign up a. Username  b. Password c. Email (guru harus punya alamat email dan field ini wajib diisi) d. First name (nama awal) e. Last name (nama akhir)

Tampilan Home :
Membuat kiriman di edmodo berbeda dengan membuat status di Fb karena di edmodo harus di kirim ke grup bukan di lihat ke teman seperti di fb Contoh sebagai berikut :
nah untuk mengerjakan soal di edmodo ,tentu kita harus menambahkan pertemanan pada guru kita ,nanti acc guru akan memposting soal yang harus di kerjakan seperti ini :
nah seperti itu gambaran kecil dari edmodo ...

Comments